shadow

Wisata Arung Jeram Bandung

Wisata Arung Jeram Bandung

Arung jeram dipopulerkan pada awal tahun 1970-an di Amerika Serikat. Arung jeram kemudian mewabah ke seluruh dunia. Di Indonesia sendiri olahraga ini mulai populer setelah diselenggarakannya Lomba Arung Jeram Sungai Citarum I yang diadakan oleh kelompok pendaki gunung dan penempuh rimba Wanadri, Bandung. (Modul. Diklat Arung Jeram “River Rescue”, TT: 9)

Momen itu boleh dikatakan sebagai titik balik dari perkembangan arung jeram di Indonesia. Besarnya potensi di Indonesia yangmemiliki banyak sungai yang begitu menawan serta banyaknya keunikan dari berbagai macam bentukan sungai dan arusnya berbeda-beda dari sungai yang satu dengan sungai yang lainnya. Dibalik keunikan tersebut, arus sungai memiliki macam-macam arus yang dapat membahayakan saat pengarungan. banyak para penggiat menganggap arus sungai itu sebagai tantangan tersendiri.

Sungai Ciwulan merupakan salah satu sungai yang terdapat di Indonesia, tepatnya di Kota Tasikmalaya yang memiliki keindahan alam di sepanjang sungai. Sungai Ciwulan cocok untuk pemula dan simulasi atau latihan, karena Sungai Ciwulan termasuk grade II. Ketika pengarungan seorang penggiat harus mengetahui materi maupun teknik dasar pengarungan. Pengarungan dipengaruhi oleh arus sungai dan komponen-komponen sungai dan hal tersebut berkaitan dengan teknik dasar pengarungan yang salah satunya yaitu teknik manuver.

Arus sungai memiliki macam-macam arus yang dapat menghambat bahkan membahayakan saat pengarungan. Dari beberapa jenis arus sungai yaitu reversalstandingwavebendsshallows, dan eddies kemungkinan terburuknya adalah perahu terbalik, terjebak atau wrap, dan terjatuhnya awak perahu hingga bisa menyebabkan kematian.

Bagi seorang pemula yang akan berarung jeram dan ingin mendapatkan tantangan jangan gegabah untuk melakukan pengarungan sebelum kita mengetahui dan menguasai teknik-teknik dasar dalam pengarungan, salah satu teknik manuver. Dalam teknik manuver ini kita dapat mengendalikan perahu saat akan melewati macam-macam arus sungai. Dengan menguasainya teknik manuver kita bisa meminimalisir kecelakaan saat pengarungan. Adapun teknik-teknik manuver yang perlu di pelajari adalah ferry anglesturn (membelok) dan pivot(berputar).

Dari hasil penelitian ini penyusun dapat menyimpulkan bahwa sebelum pengarungan alangkah baiknya bisa menguasai teknik manuver dalam pengarungan, seperti saat membelokkan perahu, mendayung ketika menghadapi jenis-jenis arus sungai. Setiap melakukan teknik manuver saat memasuki jenis arus sungai selalu berbeda dalam melakukan teknik manuver, karena di setiap arus sungai pasti kondisi atau hambatannya berbeda-beda. Maka dari itu, sebelum  memasuki jenis-jenis arus, sebaiknya melakukan pengintaian atau scoutingagar tahu jalur mana yang aman untuk dilalui.

DI Bandung sendiri ada wahana Wisata Arung Jeram Bandung, yang wajib anda kunjungi! dan reservasi sekarng juga!

Hubungi kontak kami sekarang!

Mobile (SMS/TLP/WA)   : 

 08124 9999 230

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *