shadow

Cara mengakhiri insomnia pada hari Minggu malam

Mengapa sulit bagi kita untuk tertidur pada hari Minggu dan tidur lebih nyenyak pada hari Senin?

Kami membenci Minggu malam dan begitu banyak atau lebih pada hari Senin pagi. Adegan di mana Anda akan mengenali diri sendiri, sedang berguling-guling dan terbaring di tempat tidur tanpa mengedipkan mata sampai larut malam, untuk memulai hari Senin dengan mematikan jam alarm lagi dan lagi. Dan jujur, Anda akan setuju bahwa ini bukan cara terbaik untuk memulai minggu ini.

Apa yang ditakuti “efek Senin”?
Anda harus tahu bahwa Anda bukan satu-satunya, 52% orang Spanyol menyadari bahwa tidak mungkin bangun dari tempat tidur pada hari Senin pagi. Begitu banyak ruang lingkup fenomena ini, bahwa para ahli dalam tidur menyebutnya “efek Senin”, tapi … mengapa hal itu terjadi?

Tampaknya penjelasannya berkaitan dengan siklus sirkadian dan jam biologis internal yang mengendalikan periode tidur-bangun. sprei waterproof Cara kita menerima cahaya, terutama buatan sepanjang minggu, berarti pada akhirnya kita memiliki jeda dalam siklus tidur alami, yang berarti ketidakmungkinan untuk bangun hari Senin, di mana kita telah berbicara

Pergantian cahaya dan kegelapan mengirimkan sinyal yang berbeda ke otak kita. Dengan demikian, kegelapan menyebabkan kelenjar pineal kita untuk mengeluarkan melatonin, yang berhubungan langsung dengan munculnya tidur. Sebaliknya, cahaya menghalangi segregasi yang sama, yang akan menyebabkan organisme kita terjaga dan waspada.

Cara mengakhiri insomnia pada hari Minggu malam
Yang ideal adalah menjaga kebersihan tidur yang cukup sepanjang minggu, tanpa pengecualian pada akhir pekan. Tapi dalam kasus terlambat tidur, lebih baik melakukannya dari Jumat sampai Sabtu. Di sisi lain, intensitas cahaya yang kita terima pada hari Minggu malam, harus rendah. Sebaliknya, pada hari Senin pagi, ketika kita harus mencoba mengekspos diri kita pada sumber iluminasi. Selain itu, pada hari Minggu lebih mudah untuk tidak bangun terlambat dan sangat penting: bahwa tidur siang hari Minggu tidak abadi, atau bahkan menekannya.

engan demikian, kegelapan menyebabkan kelenjar pineal kita untuk mengeluarkan melatonin, yang berhubungan langsung dengan munculnya tidur. Sebaliknya, cahaya menghalangi segregasi yang sama, yang akan menyebabkan organisme kita terjaga dan waspada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *